MENGENAL JENIS-JENIS KASUR DAN BERAGAM UKURANNYA

springbed murah berkualitas pertalite

Memilih jenis kasur bukanlah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas tidur anda. Setiap orang membutuhkan waktu tidur sebagai jam istirahat agar badan sehat dan bugar. Agar hal ini bisa tercapai, salah satunya dengan menggunakan kasur yang tepat dan sesuai kebutuhan. Lebih dari itu, kasur bukanlah untuk tidur semata, namun kasur lebih pada tempat untuk mengistirahatkan tubuh. Jadi, setiap harinya pasti membutuhkan kasur. Agar anda dapat memilih kasur yang tepat, anda harus mengetahui jenis-jenis kasur terlebih dahulu. Apa saja? berikut penjelasannya;

Kasur busa/ foam

Kasur ini bermaterial foam atau busa berkualitas tinggi yaitu yang memiliki pori-pori rapat. teksturnya cocok digunakan, tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Kasur busa ini cukup populer di masyarakat karena material busa memang nyaman digunakan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang. Kelebihan kasur busa adalah tidak menimbulkan suara bising saat anda berpindah posisi tidur. Namun kekurangannya yaitu kasur lebih cepat kendur, terlebih pada bagian yang sering terkena tekanan.

Kasur kapuk

Kasur kapuk adalah jenis kasur dari zaman dahulu sampai sekarang pun masih banyak digunakan. Kasur jenis ini biasanya banyak ditemukan di daerah pedesaan. Kasur ini masih banyak dipilih karena harganya sangat terjangkau. Namun untuk menjaga agar tetap empuk, anda harus melakukan ekstra seperti sering mengganti kapuk atau dengan menjemurnya. Jika perawatan ini tidak dilakukan, maka secara perlahan kasur akan mengempis dan teksturnya keras sehingga akan sangat tidak nyaman saat dipakai tidur. Ciri kasur ini yaitu bermotif garis-garis dengan warna cerah, misalnya garis-garis biru.

Kasur springbed

Kasur springbed murah berkualitas adalah jenis kasur yang paling populer saat ini. Kasur ini sangat nyaman digunakan karena terdapat pegas di dalamnya. Pegas tersebut dilapisi kantong busa sehingga kenyamanannya bisa maksimum. Selain disukai orang dewasa, anak-anak pun kerap menyukai kasur jenis ini karena bisa melompat-lompat di atasnya dengan ceria. Kekurangannya yaitu biasanya berbunyi saat posisi pegas naik turun sehingga mungkin bunyi ini akan menganggu tidur anda. Kasur springbed terdiri dari dua jenis, yaitu innerspring dan hybrid. Hybrid dilapisi dengan memori foam di bagian atasnya, sementara innerspring tidak. Maka harga kasur springbed hybrid pun lebih mahal dari innerspring.

Kasur lateks

Jenis kasur lainnya yaitu kasur lateks. Kasur ini juga cukup populer di masyarakat. Materialnya terbuat dari busa lateks yang terbuat dari karet alam. Sekalipun dari alam, namun kasur ini tetap nyaman digunakan dan tidak berbahaya. Kualitas tidur juga lebih nyaman jika anda menggunakan kasur jenis ini. Lebih dari itu, kutu kasur atau tungau juga tidak akan bersarang di dalamnya. Keunggulan lain dari kasur jenis ini yaitu tidak menyimpan panas karena lapisan busanya dapat membiarkan aliran udaa bebas masuk ke dalamnya. Karena kualitasnya tinggi, maka harganya pun cenderung lebih mahal dari yang lainnya. Tidak hanya itu, anda juga dituntut untuk melakukan perawatan ekstra agar kasur tidak mengempis dan teksturnya tidak berubah. Dalam hal ini, anda sebaiknya tidak menghindari sinar matahari langsung.

Kasur air

Jenis kasur lainnya yaitu kasur air yang juga cukup populer di masyarakat. Tekstur kasur tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Tidur di atas kasur jenis ini juga lebih adem daripada tidur di atas kasur pada umumnya. Anda juga tidak perlu mengganti air di dalam kasur karena air tersebut juga tidak tercemar. Pengguna kasur jenis ini adalah orang-orang yang banyak melakukan aktivitas di kasur ataupun orang yang sedang sakit.

Kasur udara

Selain kasur air, ada pula jenis kasur yang di dalamnya berisi udara. Teksturnya juga mirip kasur air, tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Kasur jenis ini dipilih untuk digunakan bersantai. Kelebihan kasur udara ini yaitu memiliki permukaan yang sangat adem sehingga nyaman digunakan.

BEBERAPA UKURAN KASUR

Setelah anda mengetahu jenis-jenis kasur, selanjutnya yaitu mengetahui ukuran kasur. Ukuran kasur juga penting diperhatikan agar tidur anda nyaman. Selain itu, anda juga harus menyesuaikan ukuran kasur dengan luasnya kamar tidur anda. Berikut beberapa ukuran kasur yang perlu anda ketahui;

Ukuran single (90 cm x 200 cm x 200 cm)

Kasur berukuran single ini memiliki lebar 90 cm, panjang 200 cm. Ini adalah jenis kasur terkecil yang bisa dipakai untuk satu orang saja, baik itu untuk anak kecil ataupun dewasa. Kasur yang seperti ini biasanya sering dijumpai di perhotelan. Sementara itu, kasur dengan lebar 100 cm dan panjang 200 cm juga termasuk kasur single yang paling populer di Indonesia. Kasur berukuran single ini cocok untuk diletakkan di kamar anak juga kamar kos.

Ukuran double (120 cm x 200 cm)

Selanjutnya yaitu kasur dengan lebar 120 cm dan panjang 200 cm. Kasur berukuran demikian disebut juga kasur double atau ganda. Kasur ini juga diperuntukkan untuk 1 orang saja, namun bagi dewasa dengan badan yang agak besar. Kasur ini juga dikenal dengan istilah twin bed jika di dunia perhotelan.

Ukuran queen (160 cm x 200 cm)

Selain single dan double, ukuran kasur selanjutnya yaitu queen. Kasur queen biasanya memiliki lebar 160 cm dan panjang 200 cm. Kasur ini bisa digunakan untuk dua orang atau bisa digunakan secara individu yang membutuhkan ruang gerak yang lebih bebas.

Ukuran king (180 cm x 200 cm)

Selanjutnya anda juga diperkenalkan dengan ukuran king atau kasur yang memiliki lebar 180 cm dan panjang 200 cm. Karena ukurannya lebih besar, maka anda pun akan lebih nyaman tidur di atasnya karena luas. Kasur dengan ukuran king biasanya diletakkan di kamar tidur utama. Kasur ini diperuntukkan untuk dua orang dewasa dan juga memungkinkan untuk digunakan bagi orang tua yang ingin tidur bersama anaknya yang masih kecil. Kasurnya pun lebih luas. Tak heran jika anda memesan ukuran kasur king di hotel tentu harganya juga akan lebih mahal dan ruangannya pun lebih eksklusif.

Ukuran super king (200 cm x 200 cm)

Ini adalah ukuran kasur terbesar atau yang disebut juga dengan super king. Kasur ini berukuran 200 cm x 200 cm. Kasur ini bisa muat sampai tiga orang dewasa atau dua dewasa dengan 1 anak. Dengan ukuran yang luas, anda akan sangat leluasa tidur di atasnya.

Itulah beberapa ukuran kasur atau tempat tidur yang perlu anda ketahui. Sebelum memilih ukuran kasur, pastikan anda mengetahui ukuran kamar tidur terlebih dahulu sehingga bisa menyesuaikan. Tidak hanya itu, anda juga perlu menyesuaikan dengan penggunanya. Dalam hal ini, pertimbangkan jumlah penggunanya, bagaimana ukuran tubuhnya, dan juga kebiasaan tidurnya. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap ukuran kasur yang ingin anda pilih nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *